Breaking Posts

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

Quo Vadis Moderasi Beragama

   


Judul : Quo Vadis Moderasi Beragama 

Penulis                  : Duski Samad – Muhammad Rifki - Firdaus

Penerbit               : Pustaka Artaz

Cetakan I             :    Januari 2023

ISBN                     :  978-979-8833-67-0

Halaman              : x + 286  halaman

Harga                   : Rp 100.000,-

Ukuran                : 15 x 23 cm

Buku Quo Vadis Moderasi Beragama  ini adalah pokok pemikiran dalam menyahuti masalah keumatan, dan hubungannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang masalah pokoknya berhubungkait dengan toleransi.

Sebahagian dari tema yang ada dalam buku ini, telah disampaikan pada seminar, Focus Diskusi Group (FGD), dan penyuluhan yang berkaitan dengan kerukunan, toleransi dan moderasi beragama di Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Bagian awal disampaikan fakta lapangan yang terkait dengan  sikap intoleransi, konservatif dan kesalahpahaman tentang istilah moderasi beragama. Kemudian dibahas tentang sejarah tapak Islam di Indonesia yang damai.

Selanjutnya pembahasan 3G, sekularisme, penistaan agama, moderasi beragama, kontekstualisasi, agama dalam negara, kerukunan dan toleransi diakhiri dengan bahasan anomali kerukunan dan insiden toleransi.

Tulisan ini ingin menegaskan bahwa kerukunan, toleransi dan moderasi dalam beragama adalah realitas sejarah dan fakta sosial kehidupan beragama umat beragama di Indonesia.

Salah satu masalah kebangsaan hari ini adalah bagaimana merekat hubungan antar umat beragama dalam bingkai Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI). Karena negara ini di huni oleh beragam agama, suku bangsa, golongan dan aneka budaya dari Sabang sampai Merauke.

Karena itu, tema moderasi beragama sangat penting untuk terus didengungkan di berbagai kesempatan, baik melalui media massa, buku, pertemuan  terbatas seperti ceramah, pengajian dan kegiatan lainnya. Sehingga moderasi beragama ini dapat dipahami dan diimplemenetasikan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Di sinilah pentingnya kehadiran buku  ini. Penulis buku ini sebagai tokoh agama, yang tidak saja menyampaikan di atas mimbar di banyak kesempatan, akan tetapi juga menyuarakan moderasi beragama melalui tulisan-tulisannya di berbagai media massa. Sehingga masyarakat luas semakin memahami arti pentingnya moderasi beragama tersebut. Dari tulisan-tulisan yang sudah dipublis tersebut, kemudian diterbitkan lagi ke dalam buku agar lebih dapat menjangkau pembaca berikutnya. Tentu ini semua dalam upaya mensosialisasikan moderasi beragama di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk ini.

Buku ini dapat dibaca oleh para ulama, pendidik, maupun masyarakat umumnya.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.