Breaking Posts

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

Komunikasi Bencana yang Efektif





Judul Buku      :Komunikasi Efektif Tanggap Bencana

Penulis             : Dr. Irta Sulastri, M.Si

Halaman            : x + 135

Cetakan I          :   Februari 2023

ISBN : 978-979-8833-68-7

Harga : Rp  70.000,- 

Komunikasi Bencana, merupakan sebuah refleksi fenomena komunikasi ketika pandemi Covid-19 lalu. Pandemi telah mengajarkan banyak hal kepada manusia Indonesia, terutama di bidang komunikasi dan rasa kebersamaan yang mengantarkan pandemi hingga ke batas akhir penyebarannya. Sehingga manusia bisa kembali hidup normal. 

Pandemi Covid menyisakan sebuah catatan baru yakni tentang komunikasi bencana. Posisi komunikasi menjadi begitu penting sebelum, ketika dan sesudah bencana terjadi. Komunikasi yang berlangsung efektif dan efesien, dapat merubah peluang terjadinya bencana, mengurangi resiko dan menangani bencana dengan baik. Hal ini juga berfungsi memperjelas koordinasi lembaga penanggulangan bencana sehingga sesuai dengan kondisi realitas di lokasi bencana. 

Sebaliknya, ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik. Pesan edukatif, informatif, persuasif dan instruktif tidak berlangsung untuk mengambil tindakan kesiapsiagaan menghadapi bencana, sangat memungkinkan bencana membawa resiko dan dampak sangat besar bagi kehidupan manusia. Kondisi seperti itu pun akan membuka peluang kerugian materil dan immateril serta situasi yang tidak terkendali di lokasi bencana. Sebab masyarakat berada dalam kondisi penuh ketidakpastian untuk mengambil tindakan ketika bencana terjadi. Di sisi lain, pemerintah pun tidak mampu menangani bencana dengan baik yang megakibatkan situasi di lokasi bencana semakin pelik. 

Oleh karena itu buku ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada semua pihak, terutama bagi pemerintah selaku stakeholder. Di dalam buku ini disajikan bagaimana membangun komunikasi bencana. Buku ini tidak hanya berbicara pada tataran teoritis, namun juga langkah praktis komunikasi bencana, disertai argumen yang kuat dan contoh langsung dari perjalanan peristiwa bencana di Indonesia. 

Komunikasi bencana dapat menjadi sebuah alternatif edukatif untuk mengarahkan tindakan manusia sehingga tidak mengundang datangnya bencana. Lebih daripada itu, komunikasi bencana dapat berfungsi untuk membuat pilihan tindakan bagi masyarakat di daerah bencana, mengurangi kerugian materil, mengurangi jumlah korban jiwa, dan melakukan rehabilitasi lokasi bencana dengan tepat. Komunikasi bencana juga berfungsi melawan hoaks yang berseliweran di tengah peristiwa bencana. (*)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.