Breaking Posts

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

Bunga Rampai Dakwah



Judul            : Bunga Rampai Dakwah

Penulis        : Sabiruddin, M.A, Ph.D

Editor            :  Armaidi Tanjung, S.Sos, M.A.

Halaman     :  vi + 224

ISBN               : 978-979-8833-47-2

Cetakan I    :   Nopember 2020

Harga          : Rp  95.000,-

 

Esensi dakwah adalah mengajak umat kepada jalan yang benar dan diridai Allah demi menuju kehidupan yang harmosis dunia dan akhirat. Di antara tujuan dakwah dilakukan adalah untuk mengajak umat manusia beriman dan mengabdikan dirinya kepada Tuhan. Di samping itu, gerakan dakwah adalah untuk melaksanakan amar makruf nahi munkar dalam berbagai lapisan masyarakat. Keyakinan terhadap hari akhirat juga merupakan salah satu tujuan gerakan dakwah. Untuk mewujudkan kesatuan umat, gerakan dakwah dapat diarahkan pada perwujudan ukhuwah Islamiyah yang harmonis, meningkatkan frekuensi gerakan dakwah dialogis, tidak dilakukan dengan agitatif frontal, dilakukan dengan ikhlas dan tidak arogan.

Keadaan umat Islam antara satu dengan yang lain dapat berbeda dari segi suku, organisasi, tempat tinggal, pendidikan, partai, ekonomi atau mazhab dan lain-lain. Berbedanya hal tersebut dapat memicu terjadinya konflik yang mengakibatkan rusaknya ukhuwah (persaudaraan) di kalangan umat Islam. Dalam kondisi seperti ini dapat dibayangkan betapa urgennya dakwah dilakukan ditengah-tengah masyarakat baik dakwah dengan lisan (dakwah bi al-lisan) seperti ceramah, dakwah dengan tulisan (dakwah bi al-kitabah) maupun dakwah dengan sikap seseorang (dakwah bi al-hal) dalam upaya mempersatukan umat Islam.

     Dakwah yang dilakukan tidak asal disampaikan melainkan harus memperhatikan keadaan penerima dakwah atau dengan perkataan lain hendaklah disampaikan dakwah itu menurut kemampuan penerima dakwah. Hal ini adalah agar dakwah yang disampaikan memperoleh hasil yang maksimal seperti untuk mempersatukan umat Islam yang sebelumnya telah terjadi hubungan yang tidak harmonis. Dapat dikatakan bahwa dakwah harus terus dilakukan untuk mengajak manusia beramar makruf nahi munkar menuju masyarakat dan negara menurut rida Allah SWT.   (Urgensi Dakwah Dalam Mempersatukan Umat Islam).

Untuk mencapai ummatan wahidah, dakwah perlu dilihat sebagai suatu badan praktis profesi. Dakwah tidak wajar dilihat sebagai ajakan kepada kebajikan dan larangan melakukan kemungkaran yang dilakukan secara kebetulan. Etika kerja dan moral dalam dakwah adalah suatu langkah untuk menggerakkan dakwah ke arah profesionalisme dan mencapai hasrat membentuk ummatan wahidah. (Etika Kerja dan Moral Dalam Dakwah: Satu Kajian ke Arah Ummatan Wahidah)

Sesungguhnya tidak ada siapa pun yang akan menolak betapa pentingnya kemantapan akidah dan kemuliaan akhlak setiap pendakwah. Para pendakwah mesti disediakan dengan kedua-dua senjata penting ini untuk membolehkan mereka berfungsi dengan baik dalam melaksanakan tugas pendakwahan. Dua komponen persiapan diri ini cukup penting bagi menjamin kejayaan sesuatu misi dakwah, lebih-lebih lagi dalam era globalisasi yang penuh dengan berbagai ragam tantangan ini.

Di samping dua komponen persiapan diri di atas, kalangan pendakwah juga mesti dilengkapkan dengan sejumlah keterampilan. Dalam konteks ini sebenarnya ia diwakili oleh aspek penguasaan ilmu pengetahuan sebagaimana yang diuraikan di atas. Cuma dalam konteks masyarakat Muslim di rantau kita ini di seluruh dunia masa kini, perlu ditanya apakah wujud satu institusi khusus yang menawarkan program atau kursus yang dapat memenuhi kehendak ketiga-tiga komponen penting di atas sehingga kalangan bakal pendakwah boleh dilatih di institusi tersebut. Kalau jawabannya ada maka ia perlu diperbanyak dan jika belum wujud maka masyarakat Muslim perlu mewujudkan demi kepentingan kemanusiaan sejagat yang memang senantiasa mengharapkan obor rahmah yang dibawa oleh Islam. (Tantangan Era Globalisasi Dan Proses Penyediaan Diri Serta Keterampilan Para Pendakwah).

Buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis yang bertebaran di berbagai kesempatan yang ditulisnya.  Ada pun judul bab isi buku ini sebagai berikut: 

1.     Penerapan Pengurusan Syura di Dalam Organisasi Dakwah

2.    Peran Administrasi Dalam Organisasi Dakwah

3.    Strategi Pemberdayaan SDM : Satu Pendekatan  Organisasi Dakwah

4.    Manajemen Islam: Falsafah, Ciri, Profesionalisme dan Aplikasi

5.    Strategi Dakwah Untuk Mempersatukan Umat

6.   Urgensi Dakwah Dalam Mempersatukan Umat Islam

7.    Etika Kerja dan Moral Dalam Dakwah : Satu Kajian ke Arah Ummatan Wahidah

8.   Ummatan Wahidah Dalam Perspektif Dakwah

9.   Tantangan Era Globalisasi dan Proses Penyediaan Diri Serta Keterampilan Para Pendakwah

10.Dakwah Dalam Perspektif Teologi Islam

11.  Dakwah Fungsional Penampilan Islam Secara Kontekstual

12. Materi Dakwah Dalam Website Dakwatuna.com. (R)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.