Breaking Posts

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

Warna Warni IMLF 2023


Judul: Warna Warni IMLF 2023

Penulis        : Armaidi Tanjung, S.Sos, M.A

Pengantar  : Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, M.Si, CA, QIA  (Ketua DPD SatuPena Sumatera Barat)

Penerbit      : Pustaka Artaz

ISBN            : 978-979-8833-00-0

Cetakan I    :   April  2024

Halaman     : xii + 342

Harga           : Rp 0,-

 International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) merupakan kegiatan yang pertama dilakukan di Sumatera Barat dengan mendatangkan belasan delegasi dari luar negeri. IMLF diselenggarakan 22-27 Februari 2023 di Sumatera Barat. Buku ini merupakan perbincangan awal penulis dipercaya sebagai pengurus DPD SatuPena Sumatera Barat yang tengah mempersiapan IMLF. Kemudian bagaimana perhelatan IMLF berlangsung hingga pasca IMLF.  Jadi, merupakan “warna warni” IMLF yang dinilai sukses dan ternyata di tahun berikutnya “diminta” lagi untuk dilaksanakan.

Dari kurang lebih 50 panitia yang dilibatkan dalam IMLF, ditambah lagi staf dan Pegawai di PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi yang turut menyukseskan IMLF. Tentu saja dengan banyaknya panitia yang dilibatkan dan kegiatan yang juga lumayan banyak, menimbulkan gesekan-gesekan satu sama lain. Karakter dan perilaku masing-masing panitia beragam. Satu sama lain seringkali terjadi miskomunikasi, sering keliru memahami sesuatu, yang kemudian memunculkan permasalahan. Sebagai sekretaris, berbagai pengaduan, laporan dan perilaku yang kurang menyenangkan harus dihadapi dengan kepala dingin, hati terbuka, kesabaran dan bila pekerjaan (tanggungjawab) panitia tersebut tidak dikerjakan atau diabaikan, mau tidak mau Saya harus ambil alih semampunya.

Buku ini terdiri dari lima bagian. Diawali dengan pendahuluan. Kemudian Bagian I, Mereka Bicara IMLF. Berisikan tanggapan berbagai pihak terhadap IMLF. Baik melalui tulisan di media cetak, media online maupun tanggapan melalui tulisan yang memang disiapkan untuk buku ini. Ada 22 tulisan dari berbagai penulis, baik dalam maupun luar Sumatera Barat sendiri.

Bagian II, Pra IMLF Dalam Berita. Bagian ini menghimpun berita-berita yang dirilis di berbagai media terkait dengan persiapan IMLF. Sebagai perhelatan yang berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri, Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Pemerintahan Kabupaten Agam, Pemerintahan Kota Padang Panjang, PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi di Baso Agam, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta di Bukittinggi, menggambarkan persiapan IMLF. Selain itu, juga dilakukan berbagai kegiatan literasi, terutama bedah buku, baik virtual maupun offline.

Bagian III, IMLF dalam berita. Bagian ini berisikan kegiatan IMLF yang diliput berbagai media. Termasuk apresiasi berbagai pihak terhadap pelaksanaan IMLF yang dinilai sukses, menyenangkan dan berkesan bagi para delegasi. Stakeholder di Provinsi Sumatera Barat pun tak kalah memuji IMLF.

Bagian IV,  foto-foto flyer IML F.  Bagian V, foto-foto  persiapan, pelaksanaan, dan  paska IML F. Bagian  VI, penutup. *** 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.